• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 26 April 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Sidak

Sidak Komisi B DPRD Kota Pekalongan ke Tambak Vanamei di Degayu


“Tambak Vanamei diharapkan bisa semakin berkembang di Wilayah Utara Kota Pekalongan.”



Pekalongan – Perkembangan budaya udang vanamei di Kota Pekalongan semakin mengalami kenaikan yang bertahap, hal ini merupakan hal yang positif dan perlu dikembangkan sebagai bentuk kemandirian masyarakat pesisir utara kota Pekalongan, hal ini yang diungkapkan Abdul Rozaq, S.IP. selaku ketua Komisi B dalam kunjungannya bersama anggotanya ke Tambak Budidaya Udang Vanamei di daerah Degayu Kota Pekalongan pada Senin (29/7/2020).



Dalam kunjungannya kali ini, Komisi B berdialog dengan Dinas Kelautan Peternakan Perikanan Kota Pekalongan dan pemilik tambak udang vanamei di Degayu. Perkembangan budidaya udang Vanamei di Kota Pekalongan sangat menjanjikan dan mengalami perkembangan yang baik. “dilihat dari data, perkembangan budidaya udang vanamei di Kota Pekalongan mengalami perkembangan yang baik dari tahun ke tahun, sekarang banyak lagi perluasan tempat budidaya udang vanamei di Degayu ini. Artinya, kedepan daerah Degayu ini bisa dijadikan sentra budidaya udang vanamei dan menjadi komoditas perdagangan bagi warga sekitar. Hal ini perlu peran serta pemerintah Kota Pekalongan untuk mendampingi dan memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan para pembudidaya udang vanamei ini, dengan tujuan agar bisa semakin berkembang dan menjadi hal yang positif bagi masyarakat pesisir utara kota Pekalongan.” tutur Rozak.



Adanya wabah Covid19 yang melanda dunia ini ternyata tidak berpengaruh terhadap penjualan udang vanamei ini, justru ditengah pandemi Covid19 ini, omset udang vanamei justru meningkat. “saya tadi dapat laporan dari Dinas terkait penjualan udang Vanamei di Degayu ini tidak terpengaruh akan adanya pandemi covid19 yang ada sekarang ini. Mudahnya media marketing sekarang mulai dari facebook, instagram, dan akun medsos lain ternyata mampu membantu dalam proses marketing udang vanamei ini, diluar para pembeli langganan yang sudah setia menunggu ketika udang vanamei panen. Artinya disini udang Vanamei sangat potensial menjadi mata pencaharian warka kota Pekalongan khususnya warga pesisir utara Kota Pekalongan. Selain itu PLN juga memiliki peran sebagai penerangan tambak dan operasional alat yang ada di proses Budidaya udang vanamei ini, mengingat pentingnya listrik dalam proses budidaya udang vanamei ini, Pemerintah Kota Pekalongan dan PLN harus bersinergi dalam upaya mengembangkan sektor budidaya udang Vanamei di Degayu Kota Pekalongan ini.” Pungkas Rozak.



Semoga kedepan sektor tambak udang Vanamei ini bisa menjadi sektor komoditi ekonomi tersendiri Kota Pekalongan untuk daerah di Indonesia.



Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan