• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 29 Maret 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Sidak

Sidak Kebersihan Kali Asem Binatur


Abdul Rozak, S.IP, "Harus ada keseriusan dan Komitmen bersama Pemerintah Kota Pekalongan dan Kesadaran Masyarakat terkait kebersihan kali asem Binatur Kota Pekalongan

Pekalongan – Ketua Komisi B, Bapak Abdul Rozak, S.IP bersama anggotanya melakukan sidak ke Kali Asem Binatur Kota Pekalongan pada Senin (22/6/2020). Sidak kali ini sebagai upaya menindaklanjuti laporan masyarakat terkait kondisi terkini kali asem binatur kota Pekalongan. 

Abdul Rozak, S.IP. berharap kedepan adanya keseriusan Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas PU Kota Pekalongan dalam hal penanganan kebersihan di kali asem binatur ini. “Saya berharap kedepan ada komitmen bersama Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas PU dalam upaya menjaga kebersihan kali asem binatur kota Pekalongan. Dinas PU dalam hal ini hanya memiliki kewenangan sebatas menjaga kebersihan saja, manakal ada kerusakan itu sudah menjadi ranahnya DLH Kota Pekalongan, maka dari itu saya berharap Dinas PU Kota Pekalongan melakukan komunikasi dengan PSDA Provinsi manakala ada kerusakan yang bersifat mendesak dan harus segera diperbaiki, untuk sampah sampai jam ini memang terpantau belum begitu banyak, namun perlu diperhatikan bersama agar tidak ada lagi kasus sampah yang membeludak di kali asem binatur ini.” Tuturnya.

Kepala Dinas PU Kota Pekalogan, Nur Priyantomo menyatakan terkait sungai asem binatur ini selalu dilaksanakan pembersihan rutin. “kami dari Dinas PU Kota Pekalongan melakukan pembersihan sungai secara kontinyu, setiap hari. Ada petugas yang selalu membersihkan aliran sungai asem binatur ini dua minggu sekali. Kembali lagi ke kesadaran masyarakat sekitar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, mungkin ke depan akan kita perketat lagi seminggu sekali. Selain itu, kembali lagi ke kesadaran masyarakat yang ada di sekitar sungai asem binatur kota Pekalongan.” tutur Nur Pri disela sidak bersama Komisi B DPRD Kota Pekalongan. 

Perihal sampah memang bukan sepenuhnya tugas Pemerintah saja, namun peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan. “Pemerintah memang memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungannya, namun tidak bisa dipungkiri masyarakat juga berperan menyumbang sampah ke aliran kali asem binatur ini. Harus ada kesadaran dan sinergitas bersama antara masyarakat dan pemerintah melalui Dinas PU Kota Pekalongan. Masyarakat sadar untuk membuang sampah pada tempatnya otomatis akan lebih mudah dalam pengentasan masalah sampah yang ada di kali asem binatur dan kali lainnya di Kota Pekalongan.” pungkas Abdul Rozak, S.IP. 

Nur Pri menambahkan bahwa Dinas PU juga sudah berupaya mengajukan normalisasi ke PSDA Provinsi dan pembangunan SeatBelt untuk kali asem binatur ini. “Kami juga sudah mengajukan normalisasi sepanjang kali yang ada di sekitar sini, akhir ini air masih mengalir, nanti musim kemarau ketika debit air sedikit akan menimbulkan bau dan sampah. Ini nanti akan kita pikirkan agar tidak ada permasalahan bagi warga sekitar aliran sungai asem binatur ini.” Pungkas Nur Pri. 

Dengan adanya peran serta pemerintah melalu dinas PU Kota Pekalongan namun peran serta masyarakat juga sangat diharapkan sebagai upaya menjaga kebersihan lingkungan khususnya kali asem binatur kota Pekalongan ini agar kembali bersih dan tidak menimbulkan bau dan mengganggu warga yang ada di sekitar lingkungan. 

(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)