• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 11 Mei 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Kesiapan ruangan penanganan pasien masih belum sempurna di beberapa puskesmas

"Kesiapan ruangan penanganan pasien masih belum sempurna di beberapa puskesmas"


Sidak Komisi C ke puskesmas



"Kesiapan ruangan penanganan pasien masih belum sempurna di beberapa puskesmas"



 



Pekalongan - Sebagai antisipasi datangnya arus mudik jelang lebaran tahun ini, komisi C DRPD Kota Pekalongan mengadakan sidak ke pada hari Jumat (17/4/2020). Hasil pantauan di lapangan menunjukkan bahwa prosedur pencegahan penularan baik pengetesan dengan termogun, kelengkapan pakaian APD, masker, sarung tangan bisa dikatakan sudah lengkap. Namun masih ada beberapa kekurangan khususnya ruangan penanganan pasien ODP.



 



"Kita pahami bersama, sebentar lagi akan datang musim mudik jelang lebaran, dan orang dari luar kota itu otomatis berstatus ODP, pagi ini kami dari komisi C mengecek kesiapan puskesmas jelang hal tersebut. Seperti di Puskesmas Tondano, Alhamdulillah kesiapan petugas lapangan sudah baik, dimulai dari pengecekan suhu tubuh pasien yang datang, pemakaian APD, masker, sarung tangan, penyediaan lokasi cuci tangan sudah ada di beberapa puskesmas. Hal ini sangat penting karena mereka tenaga medis merupakan garda terdepan penanganan covid19 ini. Tadi ada sedikit catatan dari petugas, terkait stok masker medis di puskesmas Tondano sudah mulai menipis. Nanti akan kita sampaikan ke Dinas Kesehatan agar menyukupi stok kebutuhan masker dan APD bagi tenaga medis di puskesmas manapun. Jangan sampai tenaga medis kehabisan APD karena mereka akan berinteraksi dengan pasien langsung." Ujar Makmur S Musthofa selaku Ketua Komisi C DRPD Kota Pekalongan.



 



"Saya menyarankan kepada pemudik agar nantinya pemudik yang datang ke Kota Pekalongan lebih cooperatif dan jujur dalam melaporkan apa saja ke Puskesmas. Darimana mereka berasal, ada gejala apa, riwayat perjalanan, dll. Hal ini dikarenakan guna pencegahan penularan dengan deteksi dini. Jujurlah, itu adalah salah satu kunci pemutus mata rantai covid19" imbuh Musthofa.



 



Harapannya, semoga jelang arus mudik ini, puskesmas di Kota Pekalongan sudah siap semua untuk  menampung para pasien dari luar kota, baik ruangan maupun kesiapan sarana dan prasarana pendukungnya. Harapan kita bersama tentunya, Pekalongan tetap bebas dari Covid19, dan Indonesia pada umumnya sehingga kita bisa kembali beraktifitas seperti biasanya.



 



Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan.