• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 01 Mei 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Peninggian

Peninggian Parapet dan Normalisasi Sungai Bremi Jadi Fokus Penanggulangan Banjir Di Kelurahan Tirto


 



Pekalongan - Minggu pagi, (9/2/2020) Ketua DPRD Kota Pekalongan, Hj. Balgis Diab, SE, MM. berkunjung ke lokasi pengungsian warga kelurahan tirto di Masjid Al Karomah. Kurang lebih masih tersisa 105 warga yang masih bertahan di Masjid Al Karomah. 



Jelang awal tahun, kota Pekalongan masih saja tergenang, perlu adanya penanganan yang komprehensif terkait hal ini, hal itu disampaikan bu Balgis disela berbincang dengan korban banjir. "Masalah banjir ini masih menjadi permasalahan di berbagai wilayah di Kota Pekalongan, seperti di wilayah kelurahan Tirto ini. Tentunya perlu adanya penanganan khusus dan lebih komprehensif. Banyak unsur yang menjadi penyebab banjir ini, tak hanya masalah tekhnis saja namun perilaku masyarakat juga harus dibenahi. Jangan lagi membuang sampah sembarang, paling tidak perilaku hidup bersih ini bisa mengurangi banjir." turur Balgis Diab.



Setelah berdialog dengan para pengungsi, ada tiga hal terkait permasalahan banjir tersebut. Kita dari lembaga DPRD bersama BPBD dan dinas terkait akan sesegera mungkin membahas permasalahan ini. "Tiga hal yang menjadi permasalahan penyebab banjir itu diantaranya adalah yang pertama perlu adanya penanganan yang komprehensif terkait musibah banjir tahunan ini, sesegera mungkin kordinasi dengan dinas terkait perihal ini, harus ada sinergitas bersama dalam upaya penanggulangan banjir ini. Yang kedua adalah Parapet yang ada di pinggir sungai bremi ini sangatlah pendek, kurang tinggi lagi. Harusnya dibangun parapet sejauh kali bremi agar bisa menanggul air masuk ke pemukiman warga sekitar. Yang ketiga adalah masalah pendangkalan sungai bremi, perlu adanya normalisasi sungai bremi karena sudah sangat dangkal hal ini yang menyebabkan daya tampung sungai sangat sedikit hal ini yang mengakibatkan meluapnya air Sungai Bremi ketika musim penghujan tiba. Dari ketiga hal tersebut perlu adanya kordinasi dengan Pemkot melalui OPD terkait, baik dari BPBD maupun PUPR. Kami dari jajaran DPRD siap membantu agar permasalahan banjir ini kedepan tidak terjadi lagi. Mari bersama sama bersinergi agar Kota Pekalongan lebih baik lagi kedepannya." Pungkas bu Balgis.



Dengan ini, diharapkan sesegera mungkin adanya tindakan dari Pemkot Pekalongan dalam upaya mengatasi permadalahan banjir yang ada di Kota Pekalongan pada umunnya. Semoga Pekalongan kedepan lebih baik lagi.





(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)