• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 24 April 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Study

Study Banding Sektor Pariwisata Dari DPRD Kabupaten Rembang


Pekalongan – Bertempat di Ruang Sidang Komisi A DPRD Kota Pekalongan, Selasa (28/1/2020) Rombongan Komisi IV DPRD Kabupaten Rembang diterima oleh Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Kota Pekalongan Drs. Sigit Mursito dalam rangka kunjungan kerja terkait tema Peranan Pemerintah dalam Meningkatkan Pariwisata Daerah.



Bapak Nasirudin, S.Si Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Rembang selaku ketua rombongan menyampaikan maksud kedatangan kunjungan ke Kota Pekalongan untuk mendapatkan informasi bagaimanakah peran Pemkot sebagai salah satu stake holder dalam upaya meningkatkan pariwisata daerah. Bapak Sigit kemudian mengatakan Pemkot Pekalongan saat ini mengelola beberapa obyek wisata diantaranya dua objek wisata pantai yaitu pantai Slamaran dan pantai Pasir Kencana dan juga obyek wisata Mangrove Park. Taman Mangrove merupakan kawasan pembudidayaan tanaman mangrove sekaligus dijadikan ekowisata untuk tempat rekreasi masyarakat Pekalongan.



Namun memang terdapat kendala di pengelolaan wisata pantai tersebut. Hal ini karena beberapa wilayah di Pekalongan terkena rob termasuk di obyek wisata pantai Slamaran dan pantai Pasir Kencana sehingga berdampak pada berkurangnya kunjungan wisatawan ke tempat tersebut sehingga pemasukan pemerintah dari retribusi pun ikut menurun. Tercatat sejak tahun 2016 hingga 2018 data pengunjung obyek wisata pantai di Pekalongan menurun.



Diluar kendala tersebut, Kota Pekalongan mencatat prestasi dalam segi kerajinan batik. Pemkot Pekalongan menerapkan kebijakan dalam hal penerapan kurikulum di sekolah dalam ekstrakurikuler tentang cara membatik mulai dari tingkat SD hingga SMU sejak tahun 2005 lalu. Hal inilah yang menjadi poin khusus penilaian untuk Kota Pekalongan sehingga dinobatkan UNESCO sebagai Kota Batik di tahun 2015.



Menutup kunjungan kerja pada siang itu rombongan tamu melakukan foto bersama dan bertukar cinderamata.



(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)