• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 23 April 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Relokasi

Relokasi Pedagang Harus Segera Dilakukan


Pekalongan – Usai sidak ke lokasi alun-alun meninjau bangunan Gapura Nusantara, Rabu (15/1) rombongan Badan Anggaran DPRD Kota Pekalongan melanjutkan sidak ke Pasar Sugih Waras dan Pasar Kuripan. Banggar ingin mengetahui kondisi langsung hasil  pembangunan kedua pasar yang telah selesai dibangun tersebut.

Namun dalam pengamatan tim Banggar kualitas bangunan kedua pasar dinilai masih banyak kekurangan. Khususnya perihal design bangunan kios di Pasar Kuripan yang menggunakan material kawat sebagai sekat kios. Sekat kawat ini dinilai tidak aman dan tidak layak. Selain itu belum adanya pagar pembatas di area pasar dikhawatirkan akan rawan pencurian. Banggar menyatakan harus ada evaluasi dari Dinas terkait terhadap bangunan kios pasar.



Dalam pernyataannya, Ketua Badan Anggaran DPRD Kota Pekalongan Hj. Balgis Diab mengungkapkan “Karena bangunan kedua pasar sudah selesai dibangun, maka kami menghimbau kepada Dinas terkait dan Pemkot Pekalongan untuk segera melakukan relokasi pedagang pasar karena kalau bangunan sudah selesai tapi lama tidak ditempati nantinya akan lebih banyak kerusakan.” Selain itu Ibu Balgis juga menghimbau Dinas terkait untuk memperhatikan saluran air dan ketersediaan pasokan air di lokasi Pasar Sugihwaras. Sebab menurutnya peruntukan Pasar Sugihwaras sebagai pusat kuliner tentunya membutuhkan kelancaran pasokan air baik untuk pedagang maupun pengunjung.





(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)