• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 03 Mei 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Seminar

Seminar Mengenai Pembelajaran Numerasi


Pekalongan – Ketua DPRD Kota Pekalongan Hj. Balgis Diab, SE, MM hadir di acara Seminar tentang pembelajaran numerasi untuk keluarga dalam rangka Hari Ibu Ke 91 dan HUT GOW ke 53 yang diadakan di Aula Gedung PKK Kota Pekalongan pada Senin (9/12). Sebagai narasumber, Ibu Melani seorang Dosen Pengajar di salah satu Universitas di Jakarta yang telah bergelar Doktor di bidang matematika. Ketika ditemui seusai acara, Bu Balgis memberikan tanggapan mengenai kegiatan seminar di hari tersebut “Tujuan seminar ini agar ibu-ibu yang telah berusia tidak produktif diharapkan masih bisa produktif dalam keluarga dan memiliki peran penting di keluarga dengan belajar numerasi. Harapannya hasil pembelajaran numerasi ini bisa diterapkan dalam berkomunikasi dengan anak maupun cucu juga mereka tidak kesulitan untuk melakukan hitungan sederhana maupun rumit. Manfaat lainnya dari belajar numerasi ini adalah menghindari kepikunan.”



Disadur dari laman https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-numerasi/ 

Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk :

(a) menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan 

(b) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara) dan kemampuan untuk menggunakan ketrampilan matematika secara praktis di kehidupan sehari-hari. Contohnya mampu memahami data dalam bagan, grafik maupun tabel. 





(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)