• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 21 Mei 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Rangkaian

Rangkaian Acara Memperingati 17 Agustus, HUT RI Ke-74


Pekalongan – Sabtu (17/8) serangkaian acara seremoni digelar untuk memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI bertempat di Lapangan Mataram Kota Pekalongan. Dimulai dengan Upacara Bendera Detik-Detik Proklamasi yang dihadiri Ketua DPRD Sementara Kota Pekalongan Hj. Balgis Diab, SE, MM. Beliau pada kesempatan tersebut membacakan Pembukaan UUD 1945. Sebelumnya, Upacara Detik-Detik dibuka dengan pertunjukan teatrikal yang bertema perjuangan warga pekalongan melawan penjajahan Jepang. Para pemain mengenakan kostum yang sesuai dengan suasana di zaman tersebut selain itu juga ditambah efek suara seperti di medan pertempuran. Bunyi ledakan bom dan suara letusan senapan membawa suasana penonton seakan terbawa ke medan perang yang sesungguhnya.





Dalam kesempatan tersebut Walikota Pekalongan H. M. Saelany Mahfud, SE sebagai Inspektur Upacara membacakan naskah sambutan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang isinya mengenai dasar dalam mendirikan Negara Republik Indonesia dan nilai-nilai dalam masyarakat termasuk gotong royong. Selain Walikota dan Ketua DPRD Sementara Kota Pekalongan pejabat public lainnya yang menghadiri upacara antara lain Wakil Walikota H.A. Afzan Arslan Djunaid, SE kemudian Komandan Kodim 0710 Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Pekalongan Datuk Rosihan Anwar dan jajaran Kepala OPD Kota Pekalongan mengikuti jalannya upacara dengan khidmat.





Selesai Upacara Bendera Detik-Detik Proklamasi, diadakan pula acara silahturahmi di Komplek Setda Kota Pekalongan bersama para pejuang veteran sekaligus dalam acara tersebut diberikan santunan bagi para veteran atas jasa nya dahulu memperjuangkan kemerdekaan RI. Acara penutupan yaitu Upacara Penurunan Bendera digelar di Lapangan Mataram pada sore hari sekaligus Aubade dengan Ibu Ketua DPRD Sementara Kota Pekalongan selaku Inspektur Upacara.



 





(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)