• DPRD Kota Pekalongan
  • dprd-pekalongankota.go.id
  • 21 Mei 2024
Berita
Berita DPRD Kota Pekalongan

Sudah

Sudah Berusia Tua, Sejumlah Alat Pengujian Perlu Diremajakan


Pekalongan – Rabu (24/7) Sekretaris Komisi B DPRD Kota Pekalongan H. Makmur S. Mustofa beserta rombongan datang ke lokasi pengujian kendaraan berrmotor Dinas Perhubungan Kota Pekalongan yang beralamat di Jl. Seruni No 66, Poncol, Kota Pekalongan dalam rangka sidak alat pengujian kendaraan. Mustofa menyatakan sidak dilakukan karena adanya laporan yang beliau terima bahwa alat yang digunakan untuk pengujian sudah berumur tua dan membutuhkan peremajaan. “Alat pengujian sudah tua ya dari tahun 83 jadi memang butuh untuk diremajakan,” demikian tanggapan Sekretaris Komisi B tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Slamet Prihantono menanggapi meskipun selama ini telah rutin dilakukan pemeliharaan terhadap alat pengujian namun sejumlah alat memang perlu dilakukan peremajaan dikarenakan umurnya sudah tua. “Ada alat yang cukup fatal karena merupakan salah satu alat yang menjadi standar dalam pengujian kendaraan. Alat ini fungsinya untuk mengecek kondisi ban, tie rod (kaki yang menghubungkan kemudi dengan roda) dan ball joint. Alat ini cara kerja nya mengangkat mobil sehingga petugas bisa ke bawah mobil untuk melakukan pengecekan.”jelasnya.

Dinas Perhubungan telah mengusulkan untuk pengadaan alat yang akan datang supaya terdapat rongga di bawah agar saat pemeriksaan mobil tidak perlu diangkat namun petugas pemeriksa dapat masuk ke dalam rongga tersebut, dengan cara ini lebih menjamin keamanan petugas pada saat bekerja.



 



(Humas Sekretariat DPRD Kota Pekalongan)